Rabu, 21 November 2012

Apa untungnya mencari kesalahan?

Sering sekali saya dengar di debat publik maupun dalam kehidupan sehari-hari, banyak orang memperdebatkan sesuatu yang kadang saya nilai sepele. Seperti halnya yang saya dengar ketika saya sedang berbelanjan disebuah warung sayur didekat rumah, ada seorang ibu yang menggunjingkan perilaku menantunya, dia bilang si menantu ini kurang cakap untuk urusan masak-memasak, dia juga bilang bahwa menantunya ini pemalas, tidak pernah mau terlibat sedikitpun dalam urusan rumah tangga.
Hal ini sangat menggelitik pemikiran saya, karena hal yang saya pelajari adalah semakin kita berpikiran buruk kepada orang lain, yah seperti itulah perlakuan yang akan dia tunjukkan kepada kita, dan semakin kita menggunjingkannya ataupun menegurnya dengan perkataan itu akan semakin meresap diotak kecilnya. Diotak kecil inilah dia akan merekam smua perkataan dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.
Di permasalahan ibu-ibu tadi, dia selalu mengulang perkataan yang sama setiap harinya dan setiap perkataan adalah Doa,yang secara tidak sengaja kita mintakan kepada Allah SWT. Pada akhirnya ibu tadi menerima apa yang dia ucapkan setiap harinya.
Marilah kita mulai belajar untuk mengendalikan kata-kata, Mulutmu harimaumu, Mulutmu bisa menjadi pedang yang mengoyak hati orang lain maka berhati-hatilah.
Dan satu hal, sangatlah tidak etis mengumbar maslah pribadi ke orang lain, kadang kita memang butuh tempat untuk mencurahkan isi hati, tapi ingat terkadang orang lain yang masuk dalam masalah pribadi hanya akan menambah beban permasalahan saja.
Memang berbeda tipis antara mencurahkan isi hati dg mencari pembenaran :)
terkadang kita lebih ke arah mencari pembenaran saja.
Maka dari itu lepaskan bebamu diatas sajadah..hanya Allah yang maha mengetahui, Allah maha bijaksana, memohonlah kepadaNya insyallah jalan keluar akan didapati.
memiliki empati terhadap sesama itu sangatlah penting.
Hukum alam itu sudah pasti akan bekerja sebagaimana mestinya.
Apa yang ditabur itu jua lah yang akan dituai.

Mari tebarkan kebaikan untuk sekitarmu

Tiarasari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar